Breaking News

Laman

Sabtu, 19 Juli 2014

Emergency..!!!: atasi motor yang kuncinya ilang

Lagi maen, pake motor.., pas pulang cek saku kunci motor dah lenyap.. :(
ane jg ngalamin pas maen k pondok.., kunci di simpen lemari and bada jumatan dah ilang g tw kmna, parah nya, tu motor dah di kunci stang.. :(
setelah terjebak beberapa hari di pondok.., akhirnya ane dapat ilham..
dengan modal nekat + sotoy berlebihh.., ane berhasil bwa motor ke bengkel tanpa di angkat..!! camkan.., tanpa di angkat..!!

alat" yang ente perluin:
-obeng
-kunci ukuran 10mm
-kunci T
tapi kalo keadaan mendesak terus cuma ada OBENG doang it's ok kok.. (kaya yang ane alamin.. :D )

Caranya:
1. Buka cover body
JANGAN COPOT SEMUA!! cukup yang menutupi kontak motor aja.. :)
2. Buka kontak motor
ane anggap ini awalnya sulit.., tapi ngga jg.., kalo ente punya konci T langsung aja buka.., cuma kalo ngga.. ente buka aja 2 baut yang ada di bawah kontak..
3. Atasin konci stang
kalo dah terlanjur di kunci stang, biasanya kalo ente dah buka kontak pake kunci T, tu masalah gak akan ada.. soalnya dah pasti kebuka.., cuma kalo ente cuma modal obeng doamg.. stelah kontak di bongkar.., ente sodok tuh besi yang ngunci stang supaya muka, terus lurusin deh stang nya.. :D cuma ada resiko loh.., imget..!! STANG JANGAN DI BELOKIN..!! soalnya tar bakalan ngunci lagi.
4. Nyalain motor
kan gak ada kunci nya.. :( jangan panik..!! ente cukup potong kabel nya aja terus sambungin.. kalo motor hon*a bisanya kabel kontaknya warna item-kuning-merah kalo yam*ha biasanya item-oren merah.. yang ente perlu cuma nyambungin kabel item-merah nya doang.. :D coba deh ente engkol motor nya.., dan tara..!! pasti nyala..!! kecuali kalo abis bengsin.. :p oh iya.., pas nyelah ato motor dah nyala.., tu kabel jangan ente pegang yahh.. :)
kontak nya gan.., ni motor vega r 04

nihhh.. kontak yang udah di buka
sambungin kabel item ma merah



PENTING: kalo dah nyala.., ente bawa deh ke bengkel buat ganti kontak.. harga bervariasi dari 45-100rb bwt yang biasa, terus kalo yang dah di kunci stang tapi kontak belum di buka n cuma di sodok doang,, omat..!! JANGAN DI BELOKIN supaya ga ngunci  lagi, kecuali ada pengganjel nya,, :D
ohh iyaa.., sama buat matiin motornya percuma kalo ngelepas kabelnya aja..
tapi saluran bengsing kosongin.., ato saluaran udaranya tutup.

sekian, and jangan lupa nyimpen kunci gan..
*ini tips cuma buat darurat yahh, ohh iya.. kunci 10 di pake buat buka body.. :) kalo ada itu juga.. :p

sumber: pengalaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By