Breaking News

Kamis, 07 Agustus 2014

Kecantikan Langit Malam

hhooo..
lama gak nyoret nih blog..

yapp.., sekarang ane mau nge beberin tentang kecantikan langit..
langit tuh cantik loh.., percaya dehh.. (kalo di bandingin ama mpok atiek)
kayanya si langit rajin pake kosmeetik dehh.. :)

tapi.., tau gak..?? buat ente ente yang tinggal di kota yang sumpek kaya jakarta dsk..
langit terkadang terlihat sembab.., juga malu malu melihatkan kemaluan kecantikan nya..
langit terkadang hanya menampakan secercah bintik bintang..
tergores halus di hamparan langit gelap yang pekat.. (hahahaa.. kamana atuh..??)

hheee.. tapi itu bener loh..
penyebab utama langit malam begitu sukar di hiasi bintang bintang untuk di nikmati (selain ketutupin awan) yaitu polusi cahaya.

nihhh..
Polusi cahaya adalah salah satu jenis polusi. Definisi dari polusi cahaya adalah "dampak buruk akibat cahaya buatan manusia". Polusi cahaya biasanya berarti intensitas cahayanya terlalu besar. Beberapa spesies, termasuk tumbuhan dan manusia, mengalami dampak dari polusi cahaya. Kebanyakan orang tidak pernah mendengar apa itu polusi cahaya, dan yang mengetahuinya biasanya tidak peduli atau tidak melakukan apa-apa untuk menanggulanginya. Polusi cahaya merugikan Amerika Serikat satu miliar dollar setiap tahun.
Polusi cahaya adalah efek samping dari industrialisasi. Polusi cahaya berasal dari pencahayaan eksterior dan interior bangunan, papan iklan, properti komersial, kantor, pabrik, lampu jalan dan stadion. Polusi cahaya paling parah terjadi di wilayah yang telah terindustrialisasi dengan kepadatan penduduk tinggi di Amerika Utara, Eropa, dan Jepang, serta kota-kota utama di Timur Tengah dan Afrika Utara seperti Kairo.
Polusi cahaya dapat dibagi menjadi dua tipe:
  • Cahaya tak menyenangkan yang mengganggu alam atau cahaya rendah
  • Cahaya berlebihan (biasanya di dalam ruangan) yang mengganggu dan berefek pada gangguan kesehatan
Pengaruh lain dari adanya polusi cahaya adalah pertumbuhan industri. Sumbernya meliputi cahaya pembangunan exterior dan interior, reklame, properti komersil, kantor, perusahaan, cahaya jalan, dan penerangan tempat olahraga. Hal ini paling banyak terjadi di daerah-daerah yang memiliki industrialisasi tinggi, area dengan populasi yang padat di Amerika Utara, Eropa, Jepang, dan mayoritas kota-kota di Timur Tengah dan Afrika Utara seperti Teheran dan Kairo tapi sekecil apapun jumlah cahaya tetap bisa menyebabkan masalah. Semenjak awal 1980 sebuah gerakan Langit-Gelap global telah muncul, dengan orang-orang terkait yang berkampanye untuk mengurangi jumlah polusi cahaya.
sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Polusi_cahaya

hhaa.. ngerti kan..??
nih contoh polusi cahaya..
polusi cahaya di perkotaan
risih banget kan liatnya juga..?? indah kagak.. kaya kebakaran iya..

nah.., oleh karena ini.. (bosen itu terus) ane mau kasih tips buat orang awam yang belum pernah liat langit bertabur royko bintang :

sang langit malam
  • pergi ke tempat yang minim pencahayaan kota.., yap..!! antartika.. -_-" tapi karena kejauhan.., pedesaan adalah jawaban yang paling tepat.., makan nya kalo lagi mudik.. manfaatin sesekali buat nikati langit malam.. so amazing..!! uuooooo..!!
  • berkemah.., tapi jangan berkemah di halaman rumah.. apalagi yang rumahnya di kota metropolitan..
  • camping.., yap.. kegiatan adventure yang paling ane sukai ini memang paling cocok buat nikmati langit malem.., apa lagi kalo udah ada di puncak nyaa.., ane gak ngomong asal lohh.. ane dah buktiin pas ane nge daki (tar dulu., mendaki kayanya lebih enak di baca) ke gunung cikuray di Garut.., dan pemandangan malam di puncak nya itu broo.. bisa buat mata berlinang air mata..!! (soalnya pusing pulang gimana.., logiatik dah pada abis lagi..) haa.. gak ketang.. serius ini mah..
  • laut..!! hohooo.. kalo ente jadi korban kapal karam.. jangan sia sian in yahh.. :D
yupp.., sekian dulu kayanya buiat hari ini..
#lessson for today: karam kan lah kapal.., agar penumpang nya lebih merenung pada fenomena alam.. -_-"

keep spirit and tong ceurik..!! :)
Read more ...
Designed By